Minggu, 26 Juni 2022
Advertisment
BerandaLiputanTeknologiBawa Solusi E-Library, Tim Mahasiswa UI dan UNJ Raih Juara 2 RUBIC...

Bawa Solusi E-Library, Tim Mahasiswa UI dan UNJ Raih Juara 2 RUBIC 2021

E-library atau perpustakaan elektronik, menjadi solusi yang diusulkan oleh tim mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dalam ajang Ruangguru Business Inovation Challenge (RUBIC) 2021.

Solusi e-library ini membawa tim yang dinamakan TeamED ini meraih juara kedua dalam kompetisi yang diikuti lebih dari 500 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia maupun luar negeri ini.

Mengutip siaran pers, Selasa (28/12/2021), TeamEd dari mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI terdiri dari Enike Maria Vianey dan Sheila Firda Annisarahma, serta Novan Yonatan Seilatu dari S1 Manajemen UNJ.

Mereka menang berkat ide bisnis aplikasi e-Library yang memfasilitasi penerbit untuk dapat memasarkan buku dan membantu menyelesaikan persoalan pembajakan buku di Indonesia.

Solusi ini bertujuan untuk membantu ekosistem industri perbukuan di Indonesia, agar kondusif bagi pembelajar maupun penyedia materi pembelajaran.

Aplikasi ini juga menjadi wadah bagi para kreator konten edukasi, dalam melakukan pulbikasi mengenai materi pembelajaran kuliah, serta mendapatkan penghasilan lewat publikasi dari konten tersebut.

Kondisi Industri Perbukuan

“Selama kompetisi, analisis yang paling mendukung berupa pembelajaran untuk mengembangkan atau mengasah potensi yang dimiliki,” kata Enike.

“Dari sinilah, kami belajar bahwa kerja sama tim yang solid serta daya juang tinggi menjadi sumber energi untuk memberikan usaha yang terbaik,” imbuhnya.

Sementara, Sheila mengatakan kompetisi ini memberikan pengetahuan tentang lansekap kondisi industri perbukuan di Indonesia. Saat ini, kondisi pandemi sangat berdampak pada industri perbukuan.

Padahal, kebutuhan materi pendidikan untuk belajar secara mandiri semakin esensial di situasi sekarang ini.

Maka dari itu, solusi yang diusulkan ditujukan untuk membantu ekosistem industri perbukuan di Indonesia agar kondusif bagi pembelajar maupun penyedia materi pembelajaran.

“Tentunya sangat senang mengikuti kompetisi ini, kami diberi kesempatan belajar yang melimpah. Ditambah pula bimbingan mentor dari penyelenggara yang sangat kompeten di bidang pendidikan,” kata Sheila.

Tak Menduga

Novan pun mengatakan mereka tidak menduga bisa melangkah sejauh ini, apalagi saat melihat lawan-lawannya cukup tangguh dan membawa ide-ide bisnis yang tak kalah menarik.

“Semoga kemenangan ini, bisa menjadi pemicu semangat kami untuk terus berkarya dan membuat sebuah inovasi demi memajukan bangsa dan negara,” kata Novan.

Ruangguru Business Innovation Challenge 2021 (RUBIC) merupakan kompetisi untuk mahasiswa menciptakan inovasi di bidang education technology, mengasah kewirausahaan, kreativitas, dan perspektif sosial bagi yang ingin berkontribusi memajukan pendidikan berkualitas.

Syarat berpartisipasi dalam kompetisi ini adalah mahasiswa semester lima dari berbagai universitas yang ada di dalam maupun di luar negeri dengan persyaratan IPK 3,30 dan membentuk tim yang terdiri dari tiga orang.

https://www.liputan6.com/tekno/read/4834941/bawa-solusi-e-library-tim-mahasiswa-ui-dan-unj-raih-juara-2-rubic-2021

TULISAN TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Terbaru

Komentar Terbaru